Jual sabun herbal handmade untuk perawatan kulit alami

Manfaat Bumbu Dapur Untuk Merawat Kulit Secara Alami


Bumbu dapur untuk kulit – Bagi para ibu rumah tangga maupun para remaja putri yang gemar memasak pasti tidak akan asing dengan jenis-jenis rempah yang ada di dapur kita. Ternyata hampir sebagian besar bumbu yang terdapat di dapur kita selain bermanfaat untuk menyedapkan masakan juga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit secara alami.

Jadi kenapa tidak kita manfaatkan keberagaman manfaat dari bumbu dapur kita. Selain murah meriah, memanfaatkan bumbu dapur untuk perawatan kulit juga akan menghindarkan kita dari segala macam efek samping yang merugikan tubuh secara jangka pendek maupun jangka panjang. Yuk, kita simak bumbu dapur apa saja yang bermanfaat untuk kulit.



Macam Bumbu Dapur Untuk Merawat Kulit Secara Alami


Kunyit

Siapa yang tidak kenal bumbu yang satu ini. Kunyit atau kunir atau koneng biasa digunakan dalam masakan opor, gulai atau kare. Bentuknya seperti jari-jari dengan warna kuning kecoklatan dengan aroma yang khas. Karena warnanya itulah, kunyit juga biasa dipakai untuk mewarnai masakan seperti nasi kuning.
Sebagai bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, kunyit dapat dipakai sebagai media pengikisan kulit mati secara efektif karena kunyit mengandung zat anti oksidan berupa vitamin E dan vitamin C.

Cara membuat lulur kunyit  :

Bahan :
Tepung beras 2 sendok makan, temu giring parut 1 sendok makan, temu kunyit parut 1 sendok makan, 1 sendok makan susu bubuk.

Cara pakai :
Campur jadi satu adonan tersebut diatas menggunakan air mawar. Jika tidak ada, bisa mengunakan air dingin biasa. Aduklah adonan hingga merata. Bersihkan terlebih dahulu tubuh anda. Oleskan adonan lulur keseluruh tubuh dan wajah anda. Diamkan hingga setengah kering. Gosoklah tubuh  hingga kotoran luruh bersama dengan lulur kunyit. Setelahnya, mandi kembali seperti biasa. Lakukan seminggu sekali rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Kayu manis


Sebagai rempah yang berkhasiat obat, kayu manis biasa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit maag, diare, radang sendi, dan lain-lain. Namun pada artikel kali ini, kami ingin menyajikan manfaat lain dari kayu manis, yaitu sebagai bumbu dapur yang berguna untuk kulit wajah.

Manfaat kayu manis untuk kulit wajah, antara lain :
1.      Untuk menghilangkan garis-garis halus pada kulit muka
2.      Untuk menyembuhkan jerawat
3.      Untuk eksfoliasi kulit
4.      Untuk mencegah tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam, kulit keriput, dan kulit kendor.

Cara membuat masker kayu manis untuk kulit wajah :
Bahan-bahan : 1 sendok makan bubuk kayu manis, 2 sendok makan oat meal/ susu bubuk full cream/madu, air mawar/air putih matang.
Cara membuat : campur semua bahan dengan air putih matang pada sebuah wadah. Aduklah adonan hingga mengental. Sesudahnya, oleskan ke seluruh wajah. Tunggu hingga 15 menit atau setelah kering benar (tandanya, masker akan terasa mengetat di kulit wajah). Bilas wajah dengan air hangat. Bilas lagi dengan air dingin agar pori-pori mengecil. Tepuk-tepuklah wajah dengan handuk secara lembut. Masker ini dapat digunakan dua minggu sekali atau bila perlu saja.
Baca juga : cara membuat masker beras kencur untuk mengeringkan jerawat

Demikian artikel tentang Manfaat Bumbu Dapur Untuk Merawat Kulit Secara  Alami. Mudah bukan membuatnya ?

Manfaat Bumbu Dapur Untuk Merawat Kulit Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Windy Natural Soap