Jual sabun herbal handmade untuk perawatan kulit alami

Serba-serbi Unik Dan Menarik Tentang Robusta

 



Kopi Robusta (nama Latin Coffea canephora atau Coffea robusta) adalah generasi dari sejumlah keluarga kopi, terlebih Coffea canephora.  Tanaman Kopi ini tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-700 m dpl, suhu 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan  secara beruntun serta memerlukan 3-4 kali hujan kiriman.


Tanaman robusta ini punyai mode akar yang dangkal serta tumbuh jadi pohon atau perdu sampai mencapaii 10 mtr.. Periode berbunganya tak teratur serta perlu kurang lebih 10-11 bulan buat buahnya untuk masak, sampai membuahkan biji kopi yang dibutuhkan. Kopi robusta membuahkan panen lebih banyak dibanding kopi arabika, serta punya kandungan  lebih banyak cafein, yaitu 2,7% ketimbang dengan arabika yang memiliki kandungan 1,5% saja.


Rasa yang dipunyai Robusta sebenarnya diminati banyak sekali penyinta kopi karena pahit. Lebih-lebih lagi, rasa pahit itu memang takaran cafein pada Robusta yang jauh lebih tinggi, adalah sekitar 1.5-3.3%, atau 2 kali lipat dari yang ada pada cafein Arabika.

kopi-robusta



Ciri- Ciri khas Kopi Robusta


Kalau kamu pingin membudidayakannya, sekurang-kurangnya mesti mendalami keunggulan serta ciri-khas - ciri khas tanaman kopi robusta.


1) Berikut di bawah ini sejumlah keunggulan kopi robusta:


Tanaman kopi robusta relatif sangat tahan pada gempuran hama serta penyakit, misalnya karat daun (HV).


Kopi robusta dapat ditanam di dataran rendah, dengan produktivitas lebih bagus dibanding arabika. Bahkan juga kopi arabika sukar tumbuh  di dataran rendah.


Tanaman kopi robusta sangat cepat menuai hasil panen. Mulai berbunga usia dua tahun, mulai berbuah usia 2,5 tahun. Sementara itu di tanaman kopi arabika mulai berbuah usia 3 – 4 tahun.


Produktivitas / hasil panen  sangat  tinggi sekitar: 900 hingga 1300 kg / ha / tahun. Kalau dirawat sungguh-sungguh, produktivitasnya dapat bertambah sampai 2.000 kg / ha /tahun.


Rendemen (perbandingan berat produk akhir serta hasil panen) kopi robusta kurang lebih 22%. Ini jika dibanding arabika jauh lebih tinggi yang cuma (18 – 20%).Kalau pingin menanam, ada sekian banyak ciri-khas tanaman kopi robusta yang penting menjadi perhatian:


Tanaman kopi robusta punyai perakaran dangkal. Diperlukan tanah subur dan kaya muatan organik.


Kopi robusta sangatlah sesuai ditanam di wilayah tropis-basah, pada tanah gembur, dengan derajat keasaman (pH) kurang lebih 4,5 – 6,5.


Meskipun dapat ditanam di dataran rendah, kopi robusta dapat tumbuh terbaik kalau ditanam di wilayah dengan ketinggian 400 – 800 mtr. dari permukaan laut.


Temperatur terbaik untuk perubahan tanaman kurang lebih 24-30 derajat Celcius, dengan curah hujan 2.000-3.000 mm per tahun.


Tanaman cukup peka pada kekeringan.


Buah yang muda mempunyai warna hijau, kemudian menjadi merah setelah. Buah yang masak penuh bakalan melekat kuat pada tangkainya.


Cara perawatan kopi robusta harus diikuti dengan pemanfaatan pupuk kopi untuk merangsang perkembangan lewat cara optimal.


2. Cita Rasa Ciri khas Kopi Robusta


Memang tak ada kopi yang rasa-rasanya manis. Sebagian besar  kopi diibaratkan dengan cita rasa pahit, dengan tingkat keasaman (acidity) khusus.

Kebanyakan pakar kopi mengartikan robusta semakin pahit dibandingkan dengan arabika.

Jadi, selama gak terlalu berlebih dalam mengkonsumsinya, masih sangat aman untuk lambung


. Paduan Menu Kopi Robusta


Dari biji kopi robusta yang udah diproses jadi bubuk, kita bisa membuat paduan menarik dengan beberapa bahan lain.


a. Paduan kopi robusta serta bahan lain


Berikut di bawah ini sejumlah paduan menu kopi robusta:


Kopi + gula pasir

Ini paduan umum yang seringkali kita dapati di dalam rumah atau warung kopi.


Kopi + gula merah

Paduan ini mendatangkan sensasi baru. Pahitnya kopi bergabung dengan manisnya gula merah.


Kopi + gula aren

Sensasinya semakin asyik. Bahkan juga seringkali dirasa aman buat pasien diabetes, terlebih lantaran pemanfaatan gula aren (bukan gula pasir atau gula merah).


Kopi + gula aren + sirup

Sensasinya semakin fresh, strong, serta gak bikin ngantuk. Ini resep dari Irlandia. Tetapi mereka pakai sirup Bailey's yang mengandung alkohol, maka dari itu dapat kita ubah dengan pakai sirup lain.


Kopi cold brew

Berbahan seperti kopi standard, cuma tidak serupa pemrosesannya. Seduh bubuk kopi dengan air panas. Didiamkan hingga sampai hawanya turun, lantas dimasukkan di dalam almari es.

Proses ini dapat membuahkan aroma kopi yang strong. Sehabis 12 jam, kita dapat mengeluarkan air kopi dari almari es. Imbuhkan gula, campur dengan es batu. Rasakan sensasi kesegarannya.


3) Kopi Robusta Untuk Kecantikan


Fungsi masker kopi untuk paras muka rupanya besar sekali. Fungsi masker ini sangatlah hebat untuk perawatan paras muka serta kulit badan. Dengan demikian, kopi bukan sekedar nikmat untuk diminum saja, akan tetapi sangat juga hebat untuk perawatan paras muka serta kulit badan.


Tidak hanya itu, kopi pula diyakini hebat dalam menolak beberapa penyakit, termasuk juga kanker.  Minumlah kopi sehari 2 cangkir yang akan berkhasiat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.


Diketahui kopi punya kandungan beberapa nutrisi penting untuk kesehatan badan. Antara lain kopi punya kandungan riboflavin (vitamin B2), asam pantothenic (vitamin B5), niacin, serta thiamine, magnesium serta kromium yang berguna untuk mengencangkan kulit kendor.


Tidak cuma bisa digunakan untuk masker, kopi Robusta adalah bahan utama dalam pengerjaan sabun herbal kopi yang telah banyak beredar di pasar jaman sekarang.

Itu karena butiran kopi Robusta sangat efektif berfungsi sebagai eksfoliasi kulit yang menjadikan kulit lebih kencang dan bercahaya.

Tentang tips sabun kopi untuk eksfolian telah dibahas di artikel lain.


Kopi Robusta B2AR adalah 100% asli kopi Robusta yang diolah dari biji-biji kopi pilihan. Kopi Robusta B2AR diproses dengan menggunakan pemanasan tertentu yang pas sehingga aroma dan cita rasa kopi tetap terjaga mutunya.

Untuk mendapatkan kop Robusta B2AR yang asli, HUBUNGI CS kami di 0817329573  ATAU 082131660860

Serba-serbi Unik Dan Menarik Tentang Robusta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Windy Natural Soap