Jual sabun herbal handmade untuk perawatan kulit alami

Cara Membuat Minyak Pijat Sendiri Dari Bunga-Bungaan

Cara membuat minyak pijat sendiri dari bahan bunga - Pijat adalah therapy pengobatan yang melibatkan manipulasi jaringan lunak dari badan. Pijat bermanfaat untuk menentramkan nyeri otot serta kekakuan pada sendi-sendi tubuh, mendorong relaksasi, merangsang aliran darah serta mendorong aliran getah bening. Pijat juga akan membuat kulit terasa lebih relaks serta menjadikan kulit halus dan lembut. Dalam proses pemijatan, biasanya kita memerlukan yang namanya minyak pijat. Minyak pijat yang baik pastinya yang memakai beberapa bahan alami. Kita bahkan juga dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita, semisal, dengan bahan bunga-bungaan.

minyakbunga.jpg

Cara Membuat Minyak Pijat Sendiri Dari Bunga-bungaan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat minyak pijat sendiri dari bahan bunga-bungaan. Salah satunya adalah Teknik enfleurage atau umumnya yang dimaksud adalah tehnik olesan.

Prinsip kerja tehnik olesan ini adalah sebagai berikut :


- Oleskan lemak muri pada permukaan kaca tidak tebal.
- Letakan bunga-bungaan yang masih fresh  di atas permukaan kaca.
- Taruh kaca yang tidak tebal berbarengan dengan bunga-bungaan dalam rak-rak penyimpanan yang terbuat dari plastik, kayu/logam tahan karat.
- Biarkan bunga sepanjang 3-4 hari hingga bunga itu layu.
- Bunga yang sudah layu selekasnya dibuang untuk ditukar dengan bunga-bunga baru
- Kerjakan cara tersebut dengan cara berkali-kali sepanjang 2-3 bln. sampai lemak dipenuhi parfum bunga

Cara yang lainnya lagi adalah dengan tehnik  herbal-infused.

Tehnik herbal infused ini juga gampang untuk membuatnya . Aroma minyak herbal-infused biasanya lebih lembut dari pada minyak esensial. Minyak essential merupakan  saripati dari bunga-bunga itu sendiri serta pemakaiannya juga harus hati-hati karena cuma sebagian tetes saja yang dibutuhkan untuk kemudian digabung dengan carrier oil (minyak yang lain yang netral), semisal minyak zaitun, minyak dari biji bunga matahari, minyak kelapa, dan lain sebagainya.

Cara membuat minyak herbal-infused :

Bahan :
- Bunga-bunga kering.
- Botol steril bermulut lebar yang bersih dengan penutup.
- Botol gelap untuk menaruh minyak.
- Carrier oil (Minyak pembawa) umpamanya minyak zaitun, Minyak biji anggur (grapeseed oil) , Sunflower (minyak bunga matahari) , minyak sweet almond, minyak kelapa.

Cara membuatnya :
1. Keringkan bunga-bungaan yang anda suka di suhu ruang. Jangan terkena matahari. Sesudah kering benar umumnya satu hari atau 2 hari lepaskan kelopaknya satu persatu.
2. Taruhlah kelopak bunga-bungaan ¾ dalam botol yang telah di sterilkan.
3. Tambahkan carrier oil pilihan anda hingga botol penuh serta tutup rapat-rapat. Jangan dibuka-buka agar aromanya tidak hilang.
4. Goyang-goyangkan botol yang di isi minyak serta bunga kering sepanjang 1 menit atau lebih agar semuanya tercampur rata.
5. Labeli botol dengan tanggal, style minyak carrier serta bunga. (agar anda dapat membeda-bedakan minyak carrier yang bermanfaat terbaik untuk kulit anda)
6. Letakkan botol ditempat gelap serta goncang-goncang botol tiap tiap hari.
7. Sesudah 4 minggu saring minyak dalam mangkok bersih, remas ramuan bunga dengan kain penyaring untuk memperoleh tiap-tiap tetes minyak yang ketinggalan. Anda bisa menggunakan bantuan kaos yang sudah tidak terpakai lagi untuk menyaringnya.
8. Kemudian masukkan minyak dari bunga-bungaan tersebut kedalam botol kaca yang gelap. Anda bisa memanfaatkan botol bekas obat batuk, misalnya, yang telah disterilkan kedalam air mendidih. Tutup rapat-rapat dan pergunakanlah untuk pijat wajah maupun tubuh anda untuyk memperoleh khasiat dari bunga-bungaan.
9. Tambahkan vitamin E satu atau dua kapsul untuk menjaga minyak pijat tetap awet selama beberapa bulan.

Selain bahan dari bunga-bungaan, banyak juga minyak pijat yang dapat dipakai dari bahan-bahan alami lainnya. Semuanya tergantung pada fungsi daripada minyak pijat itu sendiri.
Dibawah ini adalah beberapa bahan alami yang dapat dipakai untuk membuat minyak pijat sendiri.

1. Minyak pijat berbahan dasar bunga lavender
Minyak pijat ini bertujuan untuk relaksasi, yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran dan membuat otot-otot yang tegang kembali rileks.

2. Minyak pijat berbahan dasar buah limau, bunga melati dan kayu cendana
Minyak pijat ini mempunyai manfaat untuk memicu energi tubuh. Pemijatan menggunakan minyak ini akan meembantu meremajakan tubuh dan pikiran anda.

3. Minyak pijat berbahan dasar serai
Minyak ini sangat umum digunakan untuk proses pemijatan. Banyak khasiat yang terkandung didalam minyak serai. Antara lain, untuk melindungi dari gigitan nyamuk, untuk menyembuhkan kurap, sebagai antioksidan dan pencegah kanker, untuk pereda nyeri persendian, sebagai pewangi produk-produk kosmetik, untuk meredakan masuk angin, hidung tersumbat dan pilek, serta masih banyak lagi.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Minyak Pijat Sendiri Dari Bunga-Bungaan. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong bantu share ya....Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga :
Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit Bebas Jerawat








Cara Membuat Minyak Pijat Sendiri Dari Bunga-Bungaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Windy Natural Soap