Jual sabun herbal handmade untuk perawatan kulit alami

Pengertian Sabun Natural

Sabun natural - Dari judulnya saja kita bisa membayangkan apa itu sabun natural. Mestinya sabun natural adalah sabun yang keseluruhan bahan-bahannya terbuat dari bahan-bahan herbal atau bahan yang tidak mengandung unsur-unsur kimiawi.

Bukan begitu ?
Tidak sepenuhnya benar, memang. Sabun natural atau juga dikenal dengan sabun herbal memang terbuat dari bahan-bahan natural yang terdapat di sekeliling kita, namun demikian, untuk proses saponifikasinya, sabun natural masih tetap memakai bahan kimiawi, yaitu NaOH/KOH. Meski demikian setelah proses saponifikasi selesai, bahan-bahan kimiawi tersebut telah larut atau hilang sama sekali di dalam sabun sehingga sabun akan menjadi aman dan lembut untuk kulit.


Sabun jahe

  Pengertian Sabun Natural Dan Cara Membuat Sabun Natural

Sabun natural berasal dari campuran minyak dan NaOH/KOH. Minyak  atau lemak yang dipakai bisa mengunakan minyak nabati atau lemak hewani.

Minyak yang dipakai dalam sabun natural, antara lain :

- Minyak sawit, yang berfungsi untuk mengeraskan sabun namun berbusa sedikit
- Minyak kelapa atau coconut oil, yang berfungsi agar sabun mempunyai busa yang banyak.Namun terlampau banyak menggunakan minyak kelapa dalam sabun akan membuat kulit menjadi kering.
- Minyak zaitun, yang berfungsi untuk memberikan kelembaban dan kelembutan pada kulit. Minyak zaitun ini juga hanya sedikit mengandung busa.
- Minyak jojoba
- Minyak jagung, yang mengandung banyak sekali vitamin E. Dan biasanya minyak jagung ini yang sering dimanfaatkan untuk membuat sabun karena harganya lebih murah dibanding miyak zaitun.
- Minyak biji bunga matahari
- Dan masih banyak lagi

Cara pembuatan sabun natural adalah dengan mencampurkan larutan NaOH/KOH dengan campuran minyak/lemak yang telah diukur takarannya. Kemudian aduklah campuran NaOH/KOH dengan minyak tersebut  secara merata. Pengadukannya bisa memakai tangan atau blender atau mixer. Setelah adonan menjadi kental seperti pasta, masukkan adonan kedalam cetakan yang telah disediakan. Jangan lupa, alasi terlebih dahulu cetakan dengan kertas plastik. Dan sebaiknya cetakan tidak terbuat dari aluminium. Tunggu adonan hingga mengeras, kurang lebih 2 x 24 jam. Setelah itu keluarkan adonan sabun dari cetakan. Potong-potong sesuai selera. Angin-anginkan sabun selama 4-6 minggu. Jangan letakkan di bawah sinar matahari. Mengangin-anginkan sabun disebut masa curing. Tujuan mengcuring sabun adalah agar sabun menjadi lebih keras dan tidak tersisa lagi lye atau NaOH/KOH di dalam sabun.

 Manfaat Yang Diperoleh Dengan Menggunakan Sabun Natural 


Dengan mengunakan sabun natural dalam kehidupan sehari-hari, kita akan memperoleh banyak manfaat, diantaranya :

-. Kulit akan menjadi lebih lembut dan lebih halus sehingga tidak perlu lagi memakai hand body.
Manfaat yang langsung terasa dari memakai sabun natural adalah kulit akan terasa lebih halus dan lembut. Dengan memakai sabun natural secara rutin, anda tidak perlu lagi memakai hand body untuk melembabkan kulit.

- Terbebas dari jerawat.
Pemakaian kosmetik yang berlebihan, rentan timbulnya jerawat. Karena di dalam kosmetik mengandung bahan-bahan kimiawi yang lama-kelamaan akan membahayakan bagi kulit kita. Salah satu faktor pemicu terjadinya jerawat adalah produk-produk kosmetik yang belum tentu cocok untuk kulit kita.

- Terhindar dari penuaan dini.
Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa sabun natural mengandung minyak nabati yang sangat baik untuk kebutuhan kulit. Pemakaian sabun natural secara teratur akan menghindarkan kulit dari penuaan dini, baik karena faktor polusi udara maupun karena efek terkena sinar ultra violet matahari.

- Menyamarkan keriput di wajah. Baca :Sabun wortel solusi mencerahkan dan mengatasi kulit kering

Terdapat 2 Sistem Pembuatan Sabun  :


1. Sistem Hot Process, 

yaitu proses pembuatan sabun menggunakan sistem dipanaskan dalam suhu tertentu. Kelebihan pada pembuatan sabun dengan sistem hot process adalah sabun bisa langsung digunakan pada saat itu juga. Namun demikian terdapat kekurangan pada sabun dengan sistem ini, yaitu sebagian besar gliserin alami yang terdapat pada sabun ikutan hilang sehingga efek melemvutkan kulit pada sabun tidak lagi berasa.

2. Sistem Cold Process,

 yaitu sistem pembuatan sabun dengan menggunakan sistem dingin. Artinya, sabun sama sekali tidak memerlukan pemanasan dari luar pada saat proses pembuatannya. Karena sabun akan melakukan proses pemanasannya sendiri hingga lye yang terdapat di dalam sabun benar-benar akan tak bersisa sama sekali. Proses inilah yang dinamakan proses cured. Membutuhkan sekitar 3-4 minggu bagi sabun untuk mensaponifikasi lye hingga tak bersisa dan aman bagi kulit. 
Kelebihan proses cold process adalah gliserin alami yang terdapat pada sabun akan terbentuk sempurna. Gliserin alami inilah yang akan membikin sabun terasa lembut di ku lit sehingga tidak membutuhkan hand body lagi untuk mengatasi kulit kering. Kelebihan yang lain, sabun dengan sistem cold process akan makin melembutkan kulit apabila tersimpan dalam jangka waktu lama karena gliserin yang terdapat dalam sabun akan makin terbentuk.
Kelemahan sabun sistem cold orocess adalah proses pembuatan yang lama hingga sabun bisa aman untuk dipakai.


Demikian artikel tentang Pengertian Sabun Natural. Semoga bermanfaat untuk memperluas khasanah pengetahuan kita.
  
 





 

 

 

 

 

 

 

 


Pengertian Sabun Natural Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Windy Natural Soap